Aqiqah Bekasi Sunnah Terjamin dan Halal 100%

Aqiqah Bekasi Sunnah – Anda sibuk mencari jasa katering aqiqah di Kota Bekasi? Jangan asal pilih! meskipun aqiqah itu bagian dari sedekah, tapi ketentuan pelaksanaannya sudah dijelaskan secara rinci dalam agama Islam. Jadi Anda harus mencari jasa aqiqah Bekasi sunnah yang sesuai dan pasti halal 100%.

Bagaimana caranya? Sebelum memutuskan mencari jasa katering, pastikan Anda tahu dulu seluk beluk amalan aqiqah ini. Anda sebagai orang tua harus paham tata cara memilih hewan aqiqah sampai pelaksanaan acara tersebut.

Ketentuan Islam tentang Aqiqah

aqiqah bekasi sunnah
aqiqah bekasi sunnah

Ketentuan mengenai aqiqah ini sudah tertuang dalam hadis sahih. Nabi Muhammad SAW memerintahkan umatnya untuk menebus anak yang tergadaikan setelah lahir dengan aqiqah. Nabi Muhammad SAW juga memerintahkan untuk menyembelih kambing saat aqiqah anak.

Aqiqah adalah bentuk ketaatan orang tua kepada Alloh SWT. Aqiqah yang dijalankan dengan ikhlas adalah bukti syukur kepada Alloh SWT atas karunia yang tak ternilai harganya yaitu kehadiran anak. Orang tua Muslim wajib hukumnya bahagia dengan kelahiran bayi mereka.

Aqiqah hendaknya dilakukan pada hari ketujuh kelahiran anak. Ketentuan ini seperti yang telah disyariatkan oleh Nabi Muhammad SAW. Jika Anda melahirkan anak laki-laki, maka Anda jadi punya kewajiban menyembelih 2 kambing. Jika Anda punya anak perempuan, maka cukup 1 ekor kambing.

Ketentuan Kambing untuk Aqiqah

Tidak semua kambing bisa digunakan untuk prosesi upacara aqiqah sang buah hati. Ada beberapa syarat utama kambing yang sah untuk disembelih saat aqiqah yaitu:

  • Berusia minimal 1 tahun.
  • Tidak cacat.
  • Tidak punya penyakit.
  • Sebaiknya memilih kambing/domba berwarna putih. Tapi jika tidak ada, maka warna apapun tidak masalah.
  • Tidak berasal dari kegiatan yang diharamkan, misalnya saja pencurian atau perampokan.

Hal-Hal yang Harus Dilakukan Setelah Bayi Lahir

  1. Mengadzani dan Iqamah

Islam mengajarkan untuk mengadzani anak laki-laki yang baru lahir. Kemudian jika anak tersebut perempuan, Anda diwajibkan untuk mengiqomahkan. Tugas ini diserahkan kepada sang ayah dari bayi tersebut. Tapi jika ayahnya tidak ada, bisa diwakilkan oleh sang kakek.

Bayi yang baru dilahirkan katanya didampingi oleh setan. Karena itulah ia diadzani agar setan yang mengikutinya pergi. Memperdengarkan adzan juga membuat sang bayi kelak menjadi orang yang bertakwa kepada Alloh SWT.

  1. Memberikan Nama

Nama adalah identitas bagi seseorang yang membedakannya dengan orang lain. Seorang bayi Muslim yang baru saja lahir ke dunia harus diberikan nama. Tapi secara resmi nama ini diberikan saat aqiqah di hari ketujuh kelahiran.

Orang tua terutama ayah punya andil dalam memberikan nama anaknya. Hendaknya seorang Muslim memberikan nama yang punya arti bagus. Nama bayi tidak boleh mengandung sifat buruk atau syirik kepada Alloh SWT.

  1. Mencukur Rambut Bayi

Ketentuan kapan rambut bayi ini dicukur sudah dimuat dalam hadis. Nabi Muhammad SAW memerintahkan umatnya untuk mencukur rambut bayi di hari ketujuh setelah dilahirkan ke dunia. Prosesi cukur rambut ini dijalankan bersamaan dengan aqiqah sang anak.

Prosesi cukur rambut ini bukannya tanpa tujuan. Diharapkan anak akan terbebas dari gangguan jin dan sehat di kemudian hari. Cukur rambut saat aqiqah juga menjadi simbol doa orang tua agar anaknya sehat dan dijauhkan dari penyakit fisik maupun hati.

Orang tua bisa mencukur rambut bayinya dengan cara:

  • Pertama, orang tua harus membaca basmallah.
  • Rambut bayi dicukur dari sebelah kanan menuju ke kiir.
  • Sebaiknya rambut bayi dicukur habis tak bersisa (gundul) agar semua kotorannya ikut hilang.
  • Rambut yang telah dicukur ini kemudian ditimbang. Berat rambut ini kemudian dinilai dengan berat emas atau perak. Nilainya bisa disumbangkan kepada kaum dhuafa yang membutuhkan.

Bagaimana Bentuk Aqiqah yang Baik?

Sungguh Islam adalah agama yang membawa berkah bagi semua manusia. Aqiqah memanglah kewajiban orang tua yang harus dijalankan untuk menebus anaknya. Tapi pelaksanaan aqiqah ini diatur bagaimana agar tidak memberatkan si orang tua tersebut.

Bahkan tata cara pemberian daging kambing aqiqah kepada tamu undangan pun sudah diatur dengan bijak. Berikut ini ketentuan Islam mengenai bagaimana cara membagikan daging aqiqah tersebut:

  1. Orang tua disunnahkan untuk memasak daging kambing aqiqah anaknya. Tidak disarankan membagikan daging kambing dalam kondisi mentah layaknya kurban. Bahkan Imam Ibnu Qayyim mengatakan bahwa memasak daging aqiqah adalah sunnah pengundang pahala.
  2. Berbeda dengan kurban, orang tua yang berniat mengaqiqahi anaknya tidak boleh memakan daging kambing tersebut.
  3. Olahan daging kambing hendaknya yang bercita rasa manis. Hal ini sebagai perlambang doa orang tua agar anaknya kelak memiliki kehidupan yang manis dan indah.

Aqiqah Bekasi Sunnah Terjamin Hanya di Aqiqahanda.com

Dimana Anda bisa menemukan paket aqiqah Bekasi Utara dan sekitarnya yang benar-benar memegang teguh sunnah pelaksanaannya? Tidak banyak katering aqiqah yang benar-benar menjalankan bisnis dengan kaidah Islam. Anda benar-benar harus selektif memilih jasa katering.

Salah satu yang bisa Anda percaya adalah aqiqahanda.com. Kami adalah layanan katering khusus aqiqah yang menjamin produk Kami 100% sesuai sunnah dan ketentuan aqiqah dalam Islam. Apa saja garansi katering yang berani Kami berikan?

  • Kami hanya menyediakan kambing yang cukup usia, bukan kambing muda.
  • Kami menyembelih sendiri kambing yang akan digunakan untuk aqiqah sesuai dengan ketentuan Islam.
  • Kami menjamin proses memasak daging sampai siap disajikan halal 100%.
  • Kami menggunakan bahan-bahan pilihan dalam proses memasak daging kambing.
  • Kami memberikan pilihan penggunaan kambing jantan atau betina dengan jujur. Tentunya Kami memberikan harga yang berbeda antara daging kambing jantan dan betina.

Anda tertarik memesan katering aqiqah dari Kami? Perusahaan Kami menyediakan berbagai pilihan paket yang bisa Anda sesuaikan dengan jumlah tamu undangan aqiqah. Daftar harga aqiqah Bekasi terbaru dari Kami antara lain:

  1. Paket kambing jantan untuk 65 porsi Rp 2.100.000,00 yang terdiri dari 250 tusuk sate kambing dan 65 porsi gulai.
  2. Paket kambing jantan untuk 75 porsi gulai dan 300 tusuk sate Rp 2.300.000,00.
  3. Paket kambing jantan untuk 85 porsi gulai dan 350 tusuk sate Rp 2.400.000,00
  4. Paket kambing jantan untuk 95 porsi gulai dan 400 tusuk sate Rp 2.800.000,00.
  5. Paket kambing jantan untuk 105 porsi gulai dan 450 tusuk sate Rp 3.100.000,00.
  6. Paket kambing jantan untuk 110 porsi gulai dan 500 tusuk sate Rp 3.300.000,00.

Harga paket di atas khusus untuk kambing jantan. Jika Anda ingin menggunakan kambing betina, Kami memberikan harga paket yang lebih murah. Selisihnya sekitar Rp 700.000,00 – Rp 800.000,00 dengan jumlah porsi paket yang sama.

Kami juga melengkapi paket menu aqiqah dengan nasi kotak. Jadi Anda tak perlu repot memasak nasi sendiri di rumah. Paketnya cukup beragam. Untuk nasi kotak standar (berisi nasi, lauk sambal goreng, dan air mineral) dibanderol Rp 15.000,00 saja.

Tunggu apalagi? Daripada Anda pusing memikirkan bagaimana caranya membeli kambing hidup dan memasak sendiri di rumah, sebaiknya Anda percayakan saja urusan aqiqah ini hanya pada Kami. Katering Aqiqah Bekasi sunnah Kami siap memasakkannya untuk Anda.

Leave a Comment

× WhatsApp